Teori Organisasi Umum (Tugas 4)
1.
Di
dalam melakukan perubahan atau penyesuaian organisasi harus melihat pada
factor-faktor yang umum dapat mempengaruhi, maka hal yang terpenting dalam
perubahan harus melihat pada aspek?
Jawab :
a. Globalisasi
b. Reformasi politik
c. Serikat pekerja
d. Perubahan status perusahaan dari milik negara
menjadi swasta atau sebaliknya
e. Perubahan demografis dan struktur
keluarga
2.
Apa
yang dimaksud dengan records retention schedule ?
Jawab :
Menurut
FX soedjadi record retention schedule adalah suatu kebijaksanaan yang harus
dilakukan dalam rangka proses manajemen, yaitu yang berhubungan dengan
penggolongan, pemilihan, distribusi, maupun
disposisi dari record untuk menentukan records yang mana yang perlu tetap disimpan untuk selama-lamanya serta jenis-jenis records yang mana dan yang dalam jangka waktu berapa lama pula perlu dimusnahkan karena sudah tidak diperlukan lagi.
disposisi dari record untuk menentukan records yang mana yang perlu tetap disimpan untuk selama-lamanya serta jenis-jenis records yang mana dan yang dalam jangka waktu berapa lama pula perlu dimusnahkan karena sudah tidak diperlukan lagi.
3.
Pemasalahan
record retention schedule setiap organisasi masalah ini bersifat relative,
sebab terdapat perbedaan, sifat relative ini tergantung pada,
sebutkan ?
Jawab
:
·
Jenis organisasinya
·
Masa aktif record retention schedule
tersebut (waktu)
4.
Jelaskan
dalam bentuk bagan hubungan timbale balik antara manajemen, organisasi dan
metode atau tata kerja ?
Jawab :
Hubungan Timbal Balik Antara
Manajemen dan Organisasi
Karena pada proses kegitan tersebut
sudah ada organisasi sebagai wadah atau tempat berkumpulnya, jadi kerjasama
untuk penyelesaian kegiatan tersebut lebih efektif. Sehingga secara langsung
antara manajemen dan organisasi terjadi hubungan timbal balik yang baik karena
keduanya saling memerlukan, dengan adanya keduanya sehingga kejasama yang
dibangun lebih efekif dalam pencapaian tujuan.
Hubungan Timbal Balik Antara
Manajemen dan Metode (Tata kerja)
Dimana suatu manajemen dengan adanya metode atau tata kerja
lebih teratur karena pada proses kegiatan tersebut dapat ditangani secara
bertahap dan lebih terfokus sehingga jika terjadi kejanggalan dapat lebih
ditangani secara cepat dan tepat sasaran, sehingga waktu yang ada tidak
terbuang dengan percuma dan tidak terjadi pemborosan. Jadi untuk mencapai
tujuan dapat lebih tepat sasaran.
Hubungan Timbal Balik Antara
Organisasi dan Metode (Tata Kerja)
Dengan adanya metode atau tata kerja dalam organisasi
sehingga pada proses kegiatan dapat menyusun perencanaan kerja, dengan lebih
terkoordinir dalam membentuk sekelompok manusia yang melakukan kerjasama dengan
memanfaatkan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya dan tepat dalam mencapai
tujuan yang telah ditetapkan. Sehingga hubungan timbale baliknya juga sangat
baik.
Hubungan Timbal Balik Antara
Organisasi, Manajemen dan Metode (Tata Kerja)
Jika ada organisasi, manajemen dan metodenya dilakukan
dengan kerjasama yang baik, pemanfaatan sumber-sumber dan waktu yang ada dapat
dilakukan secara tepat dan lebih terordinir sesuai dengan proses kegiatan yang
ditetapkan maka untuk mencapai tujuan akan dapat hasil yang lebih efsien dan
efektif serta lebih maksimal. Karena ketiganya jika dilakukan sesuai dengan
tugasnya maka hubungan timbal balik itu akan saling menguntungkan untuk
ketiganya.
Eratnya hubungan atau hubungan
timbal balik antara ketiga hal tersebut adalah sebagai berikut :
1.
Manajemen:
proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia.
2.
Organisasi:
alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerja sama.
3.
Tata
Kerja: pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerja sama tersebut harus
dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
5.
Jelaskan
dimensi-dimensi yang menjadi dasar dari evolusi organisasi ?
Jawab :
1)
Merefleksikan
bahwa organisasi itu adalah system
2)
Berhubungan
dengan hasil-hasil akhir dari struktur organisasi.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar